Text
Belajar Tuntas : Filosofi, Konsep, dan Implementasi
Belajar tuntas ini menguraikan tentang metode yang dapat meningkatkan keefektifan belajar sehingga siswa mencapai perolehan belajar secara tuntas. Kurikulum belajar tuntas biasanya ada beberapa tema yang dipelajari siswa secara bersamaan.
Artinya, siswa yang tidak menyelesaikan pelajaran akan diberi pelajaran tambahan sampai siswa berhasil, sedangkan siswa yang menguasai akan dilibatkan dalam kegiatan pengayaan, sampai semua siswa bisa melanjutkan secara bersama. Di samping itu, guru melakukan teknik pembelajaran, seperti tes dan pengoreksian kesalahan selama belajar.
Secara lebih rinci, hal yang dibahas dalam buku ini adalah hakikat belajar dan pembelajaran, bahan ajar dan hasil belajar, pengajaran remedi, sistem kredit semester, pengajaran langsung atau tidak langsung, dan sistem evaluasi belajar tuntas. Buku ini diharapkan dapat melengkapi gagasan, filosofi, teori, dan prinsip-prinsip pembelajaran yang dijadikan dasar untuk pengembangan dan peningkatan kualitas dan efisiensi pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain